5 Bisnis Karya Seni Hasilkan Keuntungan

Kamu lulusan seni atau menyukai bidang seni? Tidak perlu cemas ketika ingin mencari pekerjaan. Ada cukup banyak kesempatan kerja di bidang bisnis karya seni. Terlebih sekarang ini banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian kepada seni dan menjadikan seni tak hanya sebagai karya saja, melainkan suatu bidang yang dapat menghasilkan lembaran rupiah dan bisa menjadi penghasilan utama. 

Memilih seni untuk dijadikan sebagai bagian dari ide bisnis online maupun offline bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi bagi kamu yang merasa bekerja di kantoran bukanlah passion kamu. Sebaliknya, passion kamu adalah mengembangkan minat dan bakat kamu di bidang seni. Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan apabila kamu bisa menjadikan hobi, bakat, dan minat sebagai bagian dari pekerjaan. 

Iyap, ide bisnis karya seni atau art online bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis yang satu ini. Lantas, ide bisnis art online apa saja yang kiranya memiliki prospek yang bagus sekarang ini? Berikut kami share beberapa untuk kamu. 

Macam-macam Idei Bisnis Karya Seni Untuk Pecinta Seni

Bisnis Karya Seni-Digital Painting

bisnis-karya-seni-digital-painting
source: youtube

Kamu pandai melukis atau bikin skets dengan menggunakan gadget kamu? Manfaatkan bakat luar biasa yang kamu miliki ini untuk menghasilkan banyak lembaran rupiah. Di zaman serba digital ini, pastinya ide bisnis karya seni yang satu ini akan laris manis di pasaran. Untuk permulaan, kamu bisa pamerkan karya-karya kamu via akun-akun media sosial kamu. Misalnya saja akun Facebook, Twitter, dan Instagram. Akan jauh lebih baik lagi jika kamu mulai mempromosikan karya-karya kamu ini via media-media sosial tersebut. 

Manfaatkan momen-momen tertentu sebagai ‘hari keberuntungan’ kamu. Misal ketika perayaan Hari Ibu, Hari Ayah, Valentine Day, Hari Ulang Tahun, dan masih banyak momen spesial lainnya. Biasanya, menjelang hari-hari spesial ini, pesanan akan digital painting yang kamu geluti akan meningkat secara signifikan. Akan banyak customer yang memesan karya digital painting untuk dijadikan sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih. 

Cukup bermodalkan laptop dan aplikasi tertentu yang dapat mendukung ide bisnis art online kamu ini. Kamu tak lagi memerlukan frame, kanvas atau kertas gambar, kuas, cat minyak, dan perlengkapan kebutuhan melukis lainnya. Dengan modal utama berupa skill, laptop, dan aplikasi saja, kamu bisa berkesempatan mendapatkan laba yang besar. 

Baca juga: Peluang Bisnis Fashion yang Sedang Trend

Custom Airbrushing untuk Interior & Eksterior

source: www.rpidesigns.com

Hobi melukis di tembok atau membuat karya seni indah untuk interior atau eksterior? Yuk ocbain ide bisnis karya seni berupa custom airbrushing. Karya-karya dengan teknik airbrushing biasanya diaplikasikan untuk berbagai benda atau media interior dan eksterior. Mungkin kita sering menyebut karya seni semacam ini dengan nama mural. 

Seni lukis berupa mural ini bisa dalam bentuk gambar 3 dimensi dan 2 dimensi. Keduanya memiliki tampilan visual yang sangat menarik. Mural 3 dimensi, misalnya, memiliki ciri khas gambar yang timbul sehingga tampak nyata dan bervolume. 

Adapun peralatan yang kamu butuhkan untuk membuat karya-karya mural antara lain alat tulis untuk membuat skest gambar, kompresor udara, stencil, airbrush, dan cat. Nah, untuk promosi, kamu bisa gunakan media sosial sebagai media promosi ide bisnis art online milik kamu ini. Atau bisa juga dengan memanfaatkan blog pribadi untuk mempromosikan bisnis ini. 

Makeup

Makeup
source: newimage.ca

Jangan salah, makeup juga masuk dalam bagian dari seni. Kamu yang pandai makeup dan ingin memanfaatkan bakat yang kamu miliki, tak perlu ragu. Manfaatkan bakat ini untuk menjadikan impianmu menjadi MUA profesional menjadi nyata. Selain kamu akan merasa puas, kamu juga bisa mendapatkan banyak profit dari profesi baru ini. 

Ide bisnis MUA ini akhir-akhir ini sedang booming. Tren-nya terus meningkat berkat pengaruh gaya hidup masyarakat di zaman serba modern. Terlebih lagi saat ini telah beredar banyak produk skincare dan makeup baik dari brand lokal maupun brand internasional. Meski kini banyak orang yang pandai mengaplikasikan makeup secara amatir, banyak masyarakat kita yang masih mengandalkan jasa MUA profesional untuk menghandle riasan wajah, terutama untuk acara-acara spesial tertentu seperti pernikahan, tunangan, pre-wedding, wisuda, dan lain sebagainya.

Seni Lukis Tubuh alias Tato

ide bisnis karya seni tatto
source: readinsideout.com

Di Indonesia sendiri seni melukis tubuh alias tato dulunya adalah hal yang tabu. Berbeda dengan sekarang ini yang mana melukis tubuh adalah bagian dari karya sebni. Profesi ini masih terbilang jarang di negara kita dan bahkan dianggap sebagai profesi yang ‘berani’. Namun di luar image-nya sebagai profesi yang tabu, seniman tato adalah seniman yang unik karena memiliki skill menggambar yang tidak biasa; diperlukan skill khusus untuk menggambar di atas bagian tubuh manusia.

Art Dealer (Pameran Lukisan)

source: BTS_twt

Art dealer adalah suatu profesi dengan keahlian menyelenggarakan pameran lukisan dengan kemasan dan konsep yang menarik. Dengan kemasan dan konsep yang menarik, tentunya akan ada banyak orang yang tertarik mengunjungi pameran tersebut. 

Untuk menjadi seorang art dealer, memang dibutuhkan modal yang sangat besar. Meski begitu, omset yang didapatkan juga sangat menakjubkan. Dana yang dibutuhkan sebagai modal ini nantinya digunakan untuk menyewa gedung dan juga untuk mengumpulkan berbagai karya seni berupa lukisan milik para seniman.