Cara Dapat Uang dari Blogging, Ini 6 Langkahnya

Di era modern ini, ada cukup banyak hal baru yang bisa Anda coba. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan blog pribadi Anda. Blog tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menulis artikel atau media untuk membagikan berbagai informasi bermanfaat, melainkan juga dapat digunakan sebagai ‘lapak’ untuk ide bisnis online yang menghasilkan uang.

Lantas, bagaimana cara dapat uang dari blogging? Cara yang paling sering digunakan adalah dengan melalui endorsement dan Google AdSense. 

Nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan kami ajak untuk mengetahui bagaimana cara dapatkan uang dari blogging tanpa modal. Selain itu, Anda juga akan kami ajak untuk belajar membuat sebuah blog berkualitas.

Cara Dapat Uang dari Blogging

Cara Dapat Uang dari Blogging
source: yourstory.com

Pastinya pertanyaan: bagaimana cara dapatkan uang dari blogging selalu terngiang-ngiang di benak Anda. Belum tentu semua blogger mahir memanfaatkan blog mereka sebagai ‘ladang’ rupiah.

Hanya blogger yang memang begitu paham dengan teknik blogging saja yang mampu mengoptimalkan blog mereka sebagai bagian dari bisnis.

Namun Anda, blogger pemula, juga memiliki peluang untuk bisa mendapatkan uang dari blog Anda. Dan berikut kami share 6 langkah dapatkan uang dari blog pribadi kita. 

Buat Blog di Platform yang Berkualitas

Langkah yang pertama, buatlah blog di platform blog yang berkualitas dan terbaik. Platform blog di sini memiliki peranan yang sangat penting karena platform ini ibaratnya adalah lapak atau ruko bagi bisnis blogging Anda.

Jika Anda memiliki suatu bisnis dan didukung dengan lapak atau ruko yang strategis dan ‘menjual’, sudah pasti bisnis Anda akan sukses. Demikian juga dengan blog.

Terkait dengan platform blog, kini ada banyak sekali jasa penyedia host dan domain berkualitas dan terbaik. Anda hanya perlu memilih salah satu yang menurut Anda dapat membantu Anda merintis bisnis impian Anda. 

Buat Konten Blog Berkualitas, Menarik, dan Informatif

Langkah yang kedua, buatlah konten blog yang menarik, informatif, dan bermanfaat. Jika Anda memiliki skill menulis yang baik, tidak ada salahnya Anda menjadikan blog Anda ini sebagai media untuk berbagi karya tulis Anda. Buatlah para viewers blog Anda tertarik dengan isi blog Anda.

Caranya sangat sederhana. Buatlah konten blog yang unik, menarik, informatif, dan bermanfaat. 

Namun jika Anda tidak percaya diri dengan tulisan Anda dan Anda enggan berbagi tulisan Anda via blog, Anda bisa manfaatkan jasa freelance  writer untuk membuatkan konten blog yang Anda inginkan.

Ada begitu banyak online freelance writer yang bisa Anda gunakan jasanya untuk meningkatkan jumlah viewers blog Anda.

Pastikan bahwa Anda telah memilih online freelance writer yang berkualitas agar blog Anda juga akan naik rating-nya berkat kualitas kontennya. 

Baca juga: Ide Bisnis Dropshipping Paling Menguntungkan

Konten SEO-Friendly

Langkah ketiga, pastikan bahwa konten blog Anda berkualitas dari aspek SEO. Bila perlu, lakukan peningkatan kualitas SEO agar konten blog kita berpeluang besar untuk diakses oleh pengguna internet.

Ketika sebuah konten, artikel, misalnya, memiliki kualitas SEO yang baik, artikel akan diindeks oleh Google. Alhasil, artikel akan mendapatkan posisi yang strategis di halaman web Google. Misal, artikel berada di halaman pertama Google. 

Promosikan Blog Via Media Sosial

Langkah keempat, jangan lupa lakukan promosi blog Anda di akun-akun media sosial Anda. Selain bertujuan untuk menambah viewers blog, melalui akun media sosial, blog kita juga dapat menambah rating blog kita. Plus, dengan cara ini, rate Google AdSense juga akan meningkat.

Jaga Kepercayaan Viewers

Langkah kelima, jaga kepercayaan para viewers blog kita. Caranya sebenarnya cukup mudah. Misal dengan selalu menjaga kualitas konten blog kita. Cara lainnya yaitu dengan selalu menyuguhkan konten-konten terupdate. Dan pastikan konten yang Anda share konsisten dari segi kualitas. 

Baca juga: 5 Bisnis Karya Seni Hasilkan Keuntungan

Monetisasi Blog

Langkah keenam, pastikan Anda memonetasi blog. Ada cukup banyak cara memonetisasi blog. Kami akan bagikan 11 di antaranya, yaitu dengan menggunakan Google AdSense, menjual produk-produk fisik, menjual berbagai jenis produk digital, menjual atau menyusun ebook, bisnis afiliasi, menciptakan fitur membership, menjadi online freelance writer, menawarkan jasa online course, menyusun dan membagikan podcast, membuka jasa konsultasi online, dan sponsored post

Tapi ingat, Anda tidak bisa menjalankan kesebelas cara monetisasi ini secara bersamaan. Ada baiknya Anda memilih satu atau dua di antaranya yang menurut Anda paling sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. 

Nah, pasti banyak di antara kalian yang penasaran dengan Google AdSense dan bagaimana Google AdSense ini mampu memberi Anda uang.

Google AdSense tak lain adalah sebuah platform iklan besutan Google. Dengan menggunakan layanan Google AdSense ini, Anda dapat memasang banner iklan digital di beberapa spot di halaman blog Anda.

Setiap kali ada pengunjung yang mengklik salah satu banner iklan digital ini, secara otomatis, Anda akan mendapatkan bayaran dari Google.

Besaran bayaran yang diberikan tentu akan berbeda-beda, tergantung siapa dan dari negara mana si pemasang iklan berasal.

Tarif iklan Google AdSense yang berlaku di Indonesia umumnya antara 0.01 USD hingga 5 USD. Lumayan besar, bukan?

Sumber: 10 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Selain Adsense – Terbaru