Fitur Teknologi Telekomunikasi Terbaru di Google Messages

Dunia teknologi telekomunikasi tidak akan berhenti. Berbagai perubahan di dalamnya terus mendorong berbagai ide dan inovasi muncul. Teknologi menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia saat ini, khususnya bidang telekomunikasi.

Salah satu perusahaan yang paling berpengaruh di dunia di bidang teknologi telekomunikasi ini adalah Google. Hampir semua yang bersentuhan dengan internet di dunia maya memiliki kaitan dengan Google.

Google sendiri memiliki berbagai aplikasi di dalamnya, salah satunya adalah google messages. Aplikasi ini memanglah tidak sepopuler aplikasi sejenis, missal WhatsApp dan Line.

Tetapi, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan di fitur terbarunya yang baru saja diperbarui lho. Apa fitur terbaru dari google messages yang mendukung kemajuan berita teknologi telekomunikasi ini?

Fitur Teknologi Telekomunikasi – Mengirim Pesan Terjadwal

Fitur Teknologi Telekomunikasi Terbaru di Google Messages

Pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Messages. Aplikasi untuk mengirim SMS ini biasanya sudah tersedia secara default di dalam perangkat Android.

Aplikasi ini sebelumnya telah memiliki berbagai fitur ini di dalamnya. Setelah menghadirkan fitur Rich Communication Services (RCS) yang membuatnya bisa berkirim pesan secara gratis, Google kembali memperkaya fitur Messages miliknya. 

Google saat ini mulai merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna dapat menjadwalkan pesan yang ingin dikirim pada waktu tertentu. Hal ini hampir menyerupai fitur dalam gmail untuk mengirim email terjadwal.

Fitur bernama “Schedule Message” ini mempermudah pengguna untuk mencegah pesan-pesan penting yang sekiranya lupa terkirim. Hal ini menjadi unik dalam dunia berita teknologi telekomunikasi karena sebelumnya tidak pernah ada.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengatur pesan sesuai tanggal dan waktu yang dikehendaki menggunakan fitur ini. Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis.

Fitur penjadwalan pesan ini pertama kali diungkap oleh seorang pengguna bernama Sai Reddy. Ia membagikan tangkapan layar yang menampilkan opsi pengaturan untuk menjadwalkan pesan berikut keterangan waktu yang tersedia. 

Untuk menjadwalkan pesan di Google Message pun caranya cukup mudah. Setelah mengetik pesan di ruang obrolan, kemudian tahan tombol kirim hingga muncul pop-up “Schedule Message”. Kemudian atur waktu yang dikehendaki seperti tanggal, hari, dan jam. 

Setelah pengaturan waktu selesai, lalu tekan tombol “Save” dan pesan akan otomatis terjadwalkan. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk urusan telekomunikasi bukan?

Penjadwalan pesan di aplikasi google messages ini nantinya akan muncul tepat di atas kolom teks. Sebagai penanda, pesan yang dijadwalkan akan dilengkapi dengan ikon jam di samping kiri kolom teks.

Sistem Teknologi RCS Google Messages

Teknologi yang cukup canggih dalam dunia telekomunikasi di dalam google messages ini ternyata terbilang sangat berguna. Aplikasi ini dibekali dengan teknologi mutakhir. Aplikasi google messages ini memiliki fitur yang menyerupai iMessage. Hal yang menyerupai adalah bentuk pesan yang akan dikirimkan.

Dalam aplikasi ini, biasanya bentuk pesan yang bisa dikirim adalah teks. Namun dengan adanya fitur baru, maka akan ada pesan yang dikirim bisa berbeda. Pengguna bisa mengirimkan pesan dalam bentuk video dan juga gambar. Hal yang lebih menarik adalah resolusi gambar atau video juga tinggi.

Baca Juga: 10 Pemain Terbaik Miami Dolphins Sepanjang Masa

Teknologi di dalamnya membuat akses untuk melakukan telekomunikasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut. Jika tidak digunakan, maka fitur tersebut bisa dinonaktifkan.

Layanan dari Google ini bisa digunakan oleh beberapa orang yang memiliki sistem RCS. Agar bisa menggunakan layanan ini, maka pengguna harus memiliki RCS di Android. Seperti yang diketahui bahwa sistem RCS ini menggantikan protokol terdahulu. Sebelumnya, protokol yang digunakan adalah SMS atau pesan konvensional.

Dengan adanya sistem baru ini, membuat banyak orang lebih diuntungkan. Terlebih lagi dengan beberapa fitur yang telah disediakan. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara modern. Bahkan bisa dibilang hampir sama dengan percakapan chat.

Aplikasi Google messages ini benar-benar memudahkan pengguna untuk mengirim pesan dengan mudah. Bahkan bisa digunakan untuk melampirkan komponen media yang beresolusi besar. Jika dibandingkan dengan berbagai aplikasi serupa, teknologi telekomunikasi di dalamnya lebih mumpuni.

Peluncuran sistem dan layanan ini sempat menemui kendala terkait dengan keamanan. RCS ini belum memiliki enkripsi ujung ke ujung seperti yang ada pada aplikasi chat lainnya.

Kelebihan Aplikasi Google Messages

Google messages memanglah tidak sepopuler aplikasi yang lain. Tetapi, jangan salah mengira lho. Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan di dalamnya. Apa saja kelebihan aplikasi ini?

Mulai dari fitur pembaruan notifikasi dalam aplikasi. Pembaruan ini memudahkan pengguna untuk menerima pesan. Pengguna bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa melihat adanya tanda mengetik dari fitur ini. Hal ini membuat pengguna lebih puas dalam melakukan percakapan chat.

Pengguna juga bisa mengirimkan pesan dalam bentuk selain teks. Pengguna juga bisa mengirim pesan dalam bentuk gambar dan video dengan kualitas yang tinggi. Cukup menarik bukan?