Ide Bisnis Dropshipping Paling Menguntungkan

Sedang mencari ide bisnis online tanpa modal namun sangat menguntungkan? Sebenarnya ada banyak sekali ide bisnis online yang bisa kita jalankan tanpa memerlukan modal (modal dalam bentuk uang atau finansial). Namun kali ini ide bisnis yang akan kita share kepada Anda adalah ide bisnis dropshipping. Apa sebenarnya bisnis dropshipping dan informasi penting apa saja yang bisa kita dapatakan dari bisnis online yang satu ini. Yuk kita simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Definisi Dropshipping

ide-bisnis-Dropshipping

Sebelum kita mengulas lebih detail seputar ide bisnis dropshipping paling menguntungkan, ada baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa sih sebenarnya bisnis dropshipping. Dropshipping sendiri adalah sebuah ide bisnis yang memanfaatkan teknologi internet sebagai salah satu fasilitas pendukung bisnis dropshipping. 

Ide bisnis yang satu ini nantinya melibatkan pihak ketiga yang tak lain adalah dropshipper. Dropshipper ini adalah mediator atau penghubung atau perantara antara produser dan konsumen suatu barang atau produk. Jika dilihat dari segi peran, dropshipper sekilas mirip dengan seorang reseller, yaitu seseorang yang menjual suatu produk dari seorang produsen kepada seorang konsumen. Demikian juga dengan dropshipper; hanya saja jumlah produk atau barang yang dijual kembali relatif besar. 

Dropshipper di sini juga berhak menentukan harga yang berbeda dengan harga pokok produk yang sudah ditentukan oleh produsen atau supplier. Nah, selisih harga inilah yang nantinya akan menjadi keuntungan yanga diperoleh oleh seorang dropshipper. 

Baca juga: 5 Bisnis Karya Seni Hasilkan Keuntungan

Dropshipper – Reseller, Apa Bedanya?

Lantas, apa bedanya dropshipper dan reseller? Tentu ada beberapa perbedaan. Seorang dropshipper tidak membutuhkan tempat penampungan produk atau barang yang akan dijual kembali kepada para konsumen. Seorang dropshipper juga tidak perlu repot melakukan pengiriman barang atau produk ke alamat para konsumen atau pembeli. 

Ide bisnis dropshipping ini sungguh praktis. Supplier atau produsen di sini nantinya akan mengirimkan produk pesanan konsumen namun dengan atas nama dropshipper. Dengan ini seolah-olah dropshipper lah yang berperan sebagai penjual suatu produk. Faktanya, dropshipper hanyalah perantara sekaligus promotor produk yang dijual oleh produsen atau supplier.

Kemudian soal peluang, tentu peluang bisnis dropshipping ini masih relatif besar. Tak heran jika ide bisnis online ini masih terus diminati hingga sekarang. Siapapun dapat mencari peruntungan via bisnis ini. Dan tanpa modal. Kita hanya perlu niat dan keuletan dari diri kita. Selain tanpa modal, ada beberapa kelebihan lainnya dari ide bisnis dropshipping ini. Berikut informasi detailnya. 

Fleksibel 

Kelebihan dari ide bisnis dropshipping adalah praktik bisnis yang fleksibel. Fleksibel dari aspek jam kerja pada khususnya. Seorang dropshipper tidak memiliki jam kerja yang tetap perharinya. Dropshipper juga tidak perlu bertemu secara langsung dengan pembeli, layaknya transaksi konvensional. Hanya dengan fasilitas koneksi internet, bisnis dropshipping dapat berjalan dengan lancar. 

Melihat betapa mudah dan praktisnya ide bisnis dropshipping ini, Anda para ibu rumah tangga, mahasiswa, atau bahkan siswa dapat mencoba mencari lembaran rupiah dari bisnis ini. Ide bisnis ini bisa dibilang sangat ringan; artinya tidak akan menguras banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk menjalankan bisnis ini. Jadi Anda para dropshipper dapat tetap menjalankan aktivitas utama Anda. Bahkan menariknya lagi, Anda dapat menjalankan bisnis ini sembari bersantai, berlibur, dan lain sebagainya. 

Pilihan Produk yang Beragam

Bisnis dropshipping ini tentu menawarkan banyak sekali pilihan produk yang dijual. Sebut saja produk kecantikan, skincare, fashion item, smartphone android dan iPhone, alat-alat rumah tangga, sepatu, dan masih banyak jenis produk lainnya. Bisa dibilang apapun jenis produk yang bisa dijual via online dapat dijadikan produk yang dijual via bisnis dropshipping ini, seperti jual sepatu online

Lantas, bagaimana dengan daya saing? Apakah ide bisnis ini berpotensi membuka persaingan yang sangat ketat? Anda tidak perlu cemas akan terlalu banyak pesaing. Umumnya dropshipper hanya diperbolehkan menjual maksimal 2 segmen jenis produk. Alasannya adalah karena dropshipper yang menghandle terlalu banyak segmen barang dapat berpotensi merusak atau menurunkan reputasi supplier atau produsen barang. 

Ide Bisnis Dropshipping paling Menguntungkan

Nah, karena seorang dropshipper hanya diperbolehkan untuk menjual maksimal 2 segmen produk, kita harus pandai memilih segmen produk apa yang sesuai dengan target pasar kita. Berdasarkan beberapa riset, ada beberapa jenis atau segmen produk yang potensial laris manis sepanjang masa. Apa saja? Sebut saja produk skincare, kosmetik, makanan sehat, aksesoris, pakaian, sepatu, gadget, alat-alat rumah tangga, produk bayi, furniture, snack yang tentunya memiliki kemasan aman seperti kemasan standing pouch.

Ingat, jika Anda berminat mencoba jalankan ide bisnis ini, lakukan beberapa hal ini: survey ke beberapa supplier, menentukan marketplace, branding dan promosi, dan manfaatkan aplikasi pendukung untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi dengan para konsumen Anda. Bagaimaa, mulai tertarik untuk mencoba ide bisnis yang satu ini?