10 Ide Bisnis Online Paling Potensial Untuk Masa Depan

Merintis sebuah ide bisnis online memang sangat menggiurkan. Tapi di sisi lain, merintis bisnis baru tidaklah mudah dan penuh dengan tantangan.

Pada intinya, merintis suatu bisnis pastinya butuh kerja keras, niat, dan modal. 

Tren bisnis online yang telah eksis kurang lebih dua dekade ini memang tidak ada matinya. Bahkan eksistensinya kian waktu kian meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pelaku usaha, pangsa pasar, dan permintaan, terutama permintaan dari para konsumen.

‘Online’ di sini hanyalah media atau mungkin lebih tepat disebut platform yang mampu menghubungkan berbagai jenis bisnis dengan jutaan atau bahkan milyaran orang di dunia.

Platform ini sendiri sungguh powerful. Buktinya, dengan platform online ini, para pelaku usaha online dapat menjangkau siapapun di mana pun. Dengan kata lain, merintis sebuah bisnis online tak lain adalah upaya untuk menghubungkan konsumen dengan pelaku usaha (pelaku usaha online). 

Mungkin telah ada jutaan pelaku usaha online yang kini sudah sukses dengan bisnis yang telah dijalani. Dengan ide bisnis yang tepat dan prospektif yang baik, Anda juga bisa menjadi pebisnis online yang ulung.

Dengan riset kecil-kecilan, berikut kami share beberapa ide bisnis online yang sangat prospektif bahkan hingga beberapa tahun ke depan. Dari sekian banyak ide bisnis online ini, beberapa di antaranya adalah ide bisnis online baru dan bisa dibilang cukup unik.

Sebut saja salah satu contohnya adalah buy followers alias bisnis jual followers untuk jenis media sosial tertentu. 

Tentu Anda sangat penasaran kira-kira ide bisnis online apa saja yang menjanjikan hasilkan cukup banyak keuntungan? Berikut kami bagikan untuk Anda. 

10 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan Hingga Beberapa Tahun Kedepan

Clothing Line

Ide Bisnis Online clothing-line
source: sewport

Nah, ide bisnis online memang mempunyai prospektif yang baik karena memang fashion tidak akan pernah mati sampai kapan pun. Jika tangan Anda terampil mendesain fashion item, khususnya clothing, tak usah buang waktu lagi.

Salurkan bakat desain Anda dan mulai produce clothing line buatan sendiri. Sebagai pemula, Anda perlu sedikit melakukan riset untuk mengetahui potensi pangsa pasar untuk calon bisnis clothing Anda. 

Bisnis clothing line terbukti selalu laris manis. Apalagi jika didukung dengan marketing dan kualitas produk yang baik. Sudah dapat dipastikan bahwa akan ada banyak customers yang mendatangi store clothing line Anda.

Pasti banyak di antara kalian penasaran mengapa ide bisnis clothing line ini sangat recommended. Ada beberapa alasan yang berhasil kami rangkum untuk Anda.

Alasan pertama, produk clothing line ini adalah karya Anda. Siapa yang tak bangga dengan karya buatan kita sendiri yang kini dikenal dan bahkan dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Tentu ini akan menjadi momen yang sangat memuaskan. 

Alasan kedua, Anda juga akan sangat bangga karena desain-desain buatan Anda kini dapat dijadikan sebagai produk fisik yang memiliki nilai.

Alasan ketiga, bisnis clothing line ini bisa menjadi wadah untuk penyaluran kreativitas Anda. Dan alasan yang terakhir adalah bisnis online besutan ini bisa memberi manfaat untuk orang lain.

Sebut saja customer setia Anda dan juga para karyawan yang Anda gunakan tenaga dan keterampilannya.

Dengan kata lain, Anda telah membuka kesempatan kerja bagi beberapa atau puluhan orang lain melalui perekrutan karyawan. 

Bisnis Dropshipping Store

Ide Bisnis Online dropshipping
source: www.strategy-plus.net

Ingin merintis bisnis tanpa harus repot membangun sebuah warehouse besar dan layak? Tak perlu cemas. Ada referensi ide bisnis yang cocok dengan kriteria Anda ini. Ide bisnis yang dimaksud adalah bisnis dropshipping. Ide bisnis yang satu ini memang tidak memerlukan modal yang besar.

Ide bisnis online dropshipping ini tentu menjadi jawaban akan kebutuhan masyarakat modern saat ini. Kita semua tahu bahwa kita berada di zaman serba modern di mana dukungan teknologi canggih sungguh mendominasi.

Teknologi internet, contohnya, terbukti menjadi produk teknologi yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia saat ini. Internet begitu memanjakan kita, termasuk dalam hal kemudahan bertransaksi, berniaga, dan lain sebagainya. Dan ide bisnis dropshipping ini sangat cocok dengan pola kehidupan masyarakat yang baru ini.

Melalui ide bisnis dropshipping ini, customer dapat difasilitasi kebutuhan akan suatu barang, mulai dari urusan pre-order, packaging, hingga pengiriman barang. Ide bisnis ini rupanya juga membawa berkah tersendiri bagi mitra pelaku dropshipping.

Sebut saja para pengelola toko online, sebagai mitra bisnis dropshipping, mengaku sangat senang karena mereka sangat terbantu dengan hadirnya para dropshippers.

Setidaknya para pengelola toko online ini tidak perlu cemas akan tidak ada pangsa pasar untuk produk-produk online store yang diperjualbelikan.

Baca juga: Fitur Teknologi Telekomunikasi Terbaru di Google Messages

Art Online 

ide-bisnis-online-art
source: www.jackandjill.ie

Ide bisnis ini juga sangat menarik dan tidak banyak yang menggelutinya. Alhasil, jumlah pesaingnya cenderung tak banyak. Kabar baiknya, Anda dapat dengan leluasa menguasai pasar, khususnya pasar dengan detail item produk yang Anda hasilkan.

Jadi, akan terkesan eksklusif. Hanya saja produk art Anda harus otentik dan khas agar Anda mendapat loyal customers dan tidak terkesan produk musiman. 

Anda musisi? Anda bisa ‘menjual’ karya musik Anda lebih dari digital downloads. Para penikmat karya Anda bisa menikmati karya-karya musik keren Anda via aplikasi-aplikasi khusus musik seperti FetchApp dan ShipStation. 

Atau Anda berniat membangun sebuah bisnis online alat musik atau karya-karya seni buatan Anda? Semua dapat dimulai dari sini. Kini ada banyak seniman yang mulai percaya diri untuk bersaing di kancah dunia virtual. 

Ada banyak alasan mengapa karya-karya seni perlu ‘dipasarkan’. Alasan pertama, karya-karya seni Anda nantinya akan menjadi bagian dari customer Anda. Misal karya-karya seni yang menjadi bagian dari hiasan rumah.

Alasan kedua, Anda sendiri dapat membangun sebuah platform untuk menjadi ‘galeri’untuk memamerkan karya-karya Anda. Platform ini tak lain adalah dalam bentuk online shop.

Alasan ketiga, sebagai seorang seniman, berkarya bukan hanya sebatas hobi, melainkan bagian dari jalan hidup.

Saat ini adalah momen yang tepat untuk menjadikan hobi dan passion Anda sebagai cara baru Anda untuk menstabilkan finansial Anda. 

Freelance Designer, Writer, atau Developer

source: www.stephenmorgan.org.uk

Ada juga ide bisnis online yang lagi booming sekarang ini. Bisnis online yang dimaksud adalah suatu ide bisnis yang mengandalkan bakat yang dimiliki oleh seseorang.

Menjadi seorang freelancer tentu akan memberi Anda keuntungan tersendiri. Dari segi beban kerja dan durasi kerja, misalnya, jauh lebih fleksibel bila dibandingkan menjadi pegawai full time.

Sebagai freelancer, Anda dapat memanfaatkan skill yang Anda miliki untuk membantu project orang lain yang, bahkan mereka yang ada di belahan bumi lainnya. Meski berstatus hanya sebagai freelancer, Anda tetap berpeluang mendapat keuntungan finansial. 

Kini ada cukup banyak platform yang menjadi media pertemuan antara para freelancer dan project makers. Sebut saja dua platform yang paling terkenal yaitu Fiverr dan Upwork. Keduanya menjadi platform yang paling dicari oleh para freelancers dan project makers di dunia. 

Mengajar Kelas Online

Mengajar Kelas Online
source: hub.jhu.edu

Anda memiliki bakat mengajar yang sangat baik namun masih bingung bagaimana cara memanfaatkannya? Manfaatkan bakat mengajar Anda dengan menjadi tutor untuk kelas-kelas online. Anda bisa merintis kelas online Anda sendiri atau bisa juga menawarkan jasa Anda ini di suatu lembaga bimbingan belajar atau les private online yang kini juga marak. 

Tahukah Anda, mengajar di kelas online adalah salah satu bentuk investasi untuk mendapatkan penghasilan pasif. Yang perlu Anda mulai kerjakan adalah dengan membuat video-video edukatif.

Sebaiknya, itu seputar materi pelajaran tertentu yang benar-benar Anda kuasai seperti bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris sangat populer akhir-akhir ini. Video-video ini lalu Anda unggah ke dalam website Anda.  

Ada cukup banyak jenis video edukatif yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda. Misalnya saja video-video tutorial yang bisa Anda jadikan video berseries. Dengan ide bisnis, Anda dapat menghasilkan banyak lembaran rupiah. 

Ada sedikit tips menarik yang diklaim efektif untuk menarik perhatian viewers. Tipsnya adalah mengangkat topik yang kiranya Anda kuasai lalu ajarkan kepada para viewers.

Anda dapat memilih topik-topik yang sedang hangat seperti social media marketing, music production, web development, dan masih banyak topik menarik lainnya. 

Untuk mendukung ide bisnis online ini, ada beberapa opsi aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh Anda. Misal Aplikasi ScreenFlow. Aplikasi ini sangat membantu untuk proses perekaman visual dan audio selama Anda menyampaikan tutorial.

Publikasi Buku Karya Sendiri

Publikasi Buku Karya Sendiri
source: studioantelope.com

Anda bingung ingin mempublikasikan buku karya sendiri? Publikasi buku rupanya bisa menjadi ide bisnis online yang unik – seunik bisnis buy followers yang kini sedang jadi tren.

Sebagai penulis buku, tentu Anda mempunyai impian untuk mempublikasikan buku karya Anda. Apapun jenis karya buku yang Anda tulis, tentu Anda akan memiliki pangsa pasar tersendiri.

Kini telah hadir banyak opsi cara untuk mempublikasikan buku Anda. Publikasi ini meliputi perilisan buku dalam bentuk ebook dan perilisan buku fisik melalui toko-toko buku yang tersebar di sekitar kita. 

Khusus untuk versi ebook, Anda bisa manfaatkan aplikasi Digital Downloads. Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat menyetor file digital tulisan Anda sebagai produk dagangan Anda.

Ketika ada seorang customer telah membeli file digital tulisan Anda, file tersebut nantinya akan dikirimkan via email milik customer, atau Anda bisa mengirimkan link download kepada customer via email. 

Sementara itu, apabila Anda ingin menjual buku fisik Anda, ada dua pilihan 2 platform yang siap mensupport berbagai keperluan transaksi jual-beli buku karya Anda.

Dua platform tersebut adalah CreateSpace dan Blurb.

Keduanya siap membantu Anda untuk mencetak dan meng-copy file buku Anda.

Membangun Sebuah Blog

source: www.shoutmeloud.com

Blogging juga menjadi tren sepanjang dekade ini. Terlebih lagi masyarakat kita kini lebih aktif lagi di dunia virtual berkat kemajuan teknologi, khususnya internet.

Berbagai informasi kini mudah sekali diakses via internet. Jenis informasi apapun dapat Anda publikasikan secara online via blog pribadi Anda.

Dan yang paling menarik adalah, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari blog selain dari iklan, seperti Google adsen.  

Sebut saja ada postingan dari sebuah sponsor, pemasaran afiliasi, atau bahkan sebagai media promosi produk yang akan Anda jual.

Ini adalah bukti bahwa sebuah blog adalah salah satu ide bisnia online yang menjanjikan.

Blog bisa berperan sebagai ‘lapak’ atau bagian dari fasilitas online marketing suatu produk yang siap dijual kepada customers. Jangkauan marketingnya pun sangat luas karena memang blog bisa dikategorikan sebagai salah satu contoh platform online. 

Kunci utama untuk membangun dan memantain blog pribadi agar sukses menjadi aset bisnis online Anda adalah koneksi dengan loyal audience Anda. Ketika blog Anda sudah memiliki loyal audience sendiri, tentu Anda akan lebih mudah untuk mengoptimalkan komunitas tersebut.

Ingat, loyal audience Anda ini juga termasuk aset bisnis Anda. Ketika Anda berhasil ‘memegang’ kepercayaan loyal audience Anda, tentu Anda dapat memanfaatkan kepercayaaan dari loyal audience ini sebagai mesin pencetak uang Anda. 

Menjadi Asisten Virtual

Anda suka dengan profesi di belakang layar? Jika demikian, mungkin ide bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Menjadi asisten virtual (VA) di sini bisa dibilang sangat baru di dunia bisnis virtual.

Sesuai dengan namanya, jasa menjadi asisten virtual ini nantinya berperan sebagai asisten yang siap membantu para pebisnis, entreprenuers, atau para eksekutif yang membutuhkan bantuan organizing urusan bisnis para klien ini.

Ada sejumlah kewajiban yang biasanya wajib dijalankan oleh Anda yang memilih profesi ini. Misal salah satunya adalah menyusun jadwal pertemuan, manajemen marketing, dan masih banyak kewajiban lainnya. 

Menjadi Seorang Influencer

source: socialmediaexplorer.com

Bukan rahasia lagi bahwa menjadi influencer adalah profesi baru yang sedang booming. Bahkan jangkauan marketnya hingga ke kancah global. Anda pun bisa berkesempatan menjadi seorang influencer.

Salah satu modal untuk menjadi seorang influencer baru adalah value of profile dan followers. Kualitas value of profile ini memegang peranan kunci karena ibaratnya ini adalah fondasi dari bisnis yang akan Anda rintis. 

Sementara itu, followers juga memiloki peranan yang cukup penting dalam hal ini. Ibaratnya, followers di sini adalah supporters sekaligus customers setia bisnis unik ini. Bahkan tak sedikit influencer di negara kita yang bekerja sama dengan pemilik bisnis buy followers. Kedua bisnis ini tentu saling bertautan dan saling menguntungkan. 

Beli followers menjadi cara instan bagi influencer untuk membanguna kepercayaan di hadapan followers lainnya. Semakin banyak followers, kredibilitasnya sebagai seorang influence akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah followers-nya.

Membuat Aplikasi dan Website

source: makeawebsitehub.com

Sebenarnya ide bisnis ini tak beda jauh dengan ide bisnis membangun sebuah blog. Teknisnya sama, hanya saja untuk aplikasi, Anda tidak menjadikannya sebagai ‘lapak’ bisnis, melainkan fasilitas lapak untuk bisnis klien Anda. Nah, dari sini kita bisa melihat adanya perbedaan fungsi antara aplikasi dan blog serta website. 

Bagaimana dengan website? Jika dilihat dari segi fungsi, sebuah website juga berfungsi sebagai lapak sebuah bisnis online, mirip dengan fungsi aplikasi dan blog. Hanya saja website dan juga aplikasi ini dapat dibuat lalu dijual kepada klien lain. Poin ini yang membedakan antara apps-website dan blog. 

Idea bisnis pembuatan aplikasi dan website ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki skill coding dan sejenisnya. Skill coding ini biasanya diperlukan untuk pembuatan aplikasi pada mobile apps. Produk digital ini adalah produk eksklusif karena memang tidak banyak orang yang memiliki skill coding seperti ini. 

Shopify Theme hanyalah salah satu contoh aplikasi yang memfasilitasi para customers yang sedang mencari produk-produk tema yang unik dan menarik untuk keperluan website para customers ini.

Atau Anda juga bisa menawarkan skill Anda secara langsung kepada para klien yang sedang memerlukan seorang desainer terampil untuk membangun sebuah wesbsite atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan para klien. 

Kesimpulan

Demikian share 10 ide bisnis online terbaru dan mudah dilakukan ini. Semoga bermanfaat.

Sumber: 42 Ide Bisnis Online Terbaru Bisa Mulai Sekarang Juga