5 Panduan Untuk Daftar Jadi Tutor Online

Masih berstatus mahasiswa dan berminat mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan mengajar? Daftar jadi tutor online tampaknya cocok untuk kamu. Profesi menjadi seorang tutor sebenarnya bersifat fleksibel karena siapapun dapat mencobanya. Bahkan kamu yang masih berstatus mahasiswa.

Nah, bagi mahasiswa, profesi tutor tentunya akan menguntungkan; misal dari aspek finansial di mana dengan menjadi tutor online, kamu akan mendapatkan tambahan penghasilan tiap minggu atau tiap bulannya.

Kemudian dari aspek skill mengajar, menjadi tutor online akan menjadi momen yang tepat untuk melatih skill mengajar kamu. Gimana, minat daftar tutor online? 

Tutor online di sini berperan sebagai pembimbing sekaligus pengajar yang dilakukan secara online seperti contoh les private Jakarta untuk domisili Jakarta.

Ada banyak pilihan profesi tutor online, tergantung pada mata pelajaran atau bidang yang diajarkan. Misal, kita mengenal adanya tutor bahasa inggris, tutor matematika, tutor fisika, dan lain sebagainya.

Karena berbasis online, kegiatan belajar dapat dijalankan secara jarak jauh, sangat cocok dengan kondisi saat ini yang masih dilanda wabah Covid19. 

Nah, bagi kamu yang minat daftar tutor online, berikut kami bagikan beberapa tips seputar cara mengajar mata pelajaran secara  online.

5 Panduan Untuk Daftar Jadi Tutor Online

5-Panduan-Untuk-Daftar-Jadi-Tutor-Online
source: scholarlyoa.com

Menyusun Rencana Kelas

Pada kegiatan belajar-mengajar secara online, siswa dan pengajar tidak akan bertemu secara fisik, melainkan secara online dan jarak jauh. Meski begitu, kamu, sebagai tutor atau pengajar, tetap harus menyusun rencana kelas dan rencana pembelajaran yang kiranya efektif untuk sistem pembelajaran online.

Satu hal yang wajib diperhatikan adalah kamu harus bisa menyesuaikan kebutuhan belajar siswa dengan rencana belajar, silabus, dan materi yang akan diajarkan. 

Pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan materi sebelum jam belajar dimulai. Kemudian siapkan juga metode pembelajaran yang dapat mendukung materi pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh tutor.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Online Menguntungkan Untuk Tahun Kedepan

Kuasai Teknologi

Namanya juga sistem pembelajaran online; segala bentuk kegiatan belajar di kelas online sudah pasti akan dikaitkan dengan penggunaan produk teknologi terutama gadget dan teknologi internet.

Menjadi seorang tutor online tidak hanya memerlukan modal skill mengajar yang baik saja, melainkan juga membutuhkan penguasaan teknologi.

Dengan menguasai teknologi dengan baik, seorang tutor tentunya akan jauh lebih mudah dalam menjalankan tugasnya di dunia virtual.

Berkat penguasaan teknologi yang baik pula, seorang tutor online tidak akan mengalami kendala apapun terutama ketika mengoperasikan beberapa media pendukung pembelajaran seperti video, website, groupchat, Aplikasi Zoom, Aplikasi Google Meet, forum online, dan masih banyak lainnya. 

Memilih Platform Online yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih dan menggunakan platform online yang tepat agar kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Ada beberapa pilihan platform online yang biasa digunakan oleh sebagian besar tutor online. Sebut saja platform online berupa video yang berisi penyampaian materi. Kemudian ada juga platform online dalam bentuk group chat pada Aplikasi Whatsapp. Melalui group ini, tutor akan menyampaikan materi di group chat kepada para siswa yang tergabung dalam group chat Whatsapp ini. Dan opsi platform online yang terakhir adalah berupa aplikasi-aplikasi online meeting terbaru seperti Google Meet dan Zoom. 

Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan pastinya sangat suportif untuk sistem pembelajaran semacam ini. Pengguna aplikasi-aplikasi ini nantinya akan disuguhkan fitur-fitur menarik yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di kelas online. Selain suguhan video interaktif, video juga bersifat real time. 

Baca juga: Ingin Coba Peluang Bisnis Online Freelance Writer? Perhatikan Hal Penting Ini

Berikan Motivasi Kepada Siswa

Memberikan motivasi kepada siswa sangatlah penting. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang mana siswa merasakan jenuh akibat sekolah online. Mungkin ada beberapa siswa yang mampu memotivasi diri mereka sendiri, namun ada juga yang perlu diberi motivasi dari orang lain. Nah, jika demikian, seorang tutor tampaknya harus mencari cara untuk memberi motivasi kepada para siswanya namun dengan cara unik. Misal, dengan memberi kata atau kalimat penyemangat sebelum kelas online dimulai.

Jaga Komunikasi dengan Siswa

Komunikasi adalah kunci untuk segala jenis interaksi, termasuk interaksi di dalam kelas online. Lakukan komunikasi yang sederhana seperti perkenalan baik dilakukan oleh guru dan juga oleh siswa. Kemudian, ciptakan suasana kelas yang nyaman, kondusif, dan fun.

Dengan suasana kelas yang seperti ini, kegiatan belajar online akan terasa jauh lebih menyenangkan, hangat, dan pastinya akan membuat siswa lebih semangat belajar. Jangan lupa memberi waktu khusus kepada siswa untuk memberikan feedback, pertanyaan, atau respon terhadap materi yang baru saja disampaikan. 

Sesi ini sangat penting karena momen ini dapat menjadi tolok ukur kesuksesan kelas online ini. Ketika ada banyak siswa yang menyampaikan feedback, semakin sukses kelas online yang kamu adakan. Dari sesi ini, seorang tutor juga akan menjadi tahu kekurangan kelas online.

Nah, dari sini, seorang tutor dapat melakukan perbaikan agar kelas online mendatang akan jauh lebih baik lagi. 

Baca juga: Game Slot Berhadiah Pulsa Terbaru