Memahami Keselamatan Kerja di Dapur

9 views
4 mins read
Memahami Keselamatan Kerja di Dapur

Keselamatan kerja di dapur memang harus diperhatikan untuk pegawai yang berkutat di dalamnya. Biasanya pegawai ini ada di lingkungan restoran, pantry hotel, perusahaan katering. Dapur menjadi area merah, disana ada beberapa benda-benda beresiko seperti tabung gas, kompor, minyak panas, air mendidih, dan peralatan masak yang tajam.

Pentingnya Keselamatan Kerja di Dapur

Pentingnya Keselamatan Kerja di Dapur

Ada aturan tentang keselamatan kerja karyawan termasuk mereka yang berkerja di dapur sudah cukup detail. Hanya saja pada implementasinya, ketentuan keselamatan kerja seringkali banyak diabaikan oleh karyawan dan jarang juga dievaluasi oleh perusahaan.

Jika mengabaikan hal ini, maka keselamatan kerja di dapur cukup berisiko adanya potensi bahaya di tempat kerja. Walau sebenarnya banyak sekali ditemukan masalah kecelakan kerja di dapur. Misalnya kebakaran, kebakaran karena ledakan kompor gas, ada karyawan yang luka terkena minyak panas dan ada banyak lagi.

Salah satunya mereka tidak ingin repot dengan masalah keselamatan, mereka beralasan bahwa pekerjaan mereka di dapur juga sudah cukup banyak menyita pikiran dan menguras tenaga.

Hal semacam ini tentu saja ada benarnya, tetapi jika melihat pada besarnya resiko yang harus ditanggung oleh para pekerja di dapur. Tentu saja sesulit apapun pekerjaannya, beberapa karyawan yang bekerja di dapar perlu memperhatikan aturan keselamatan kerja.

Tugas Perusahaan Menjaga Keselamatan

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dipenuhi dalam keselamatan dapur. Apa saja?

Training dan Simulasi

Memberi training dan mensosialisasikan ketentuan keselamatan kerja di dapur, sebab mungkin saja para karyawan bukan tidak ingin menjaga keselamatan kerja, tetapi mereka tidak paham apa yang perlu mereka lakukan untuk melindungi keselamatan.

Menerapkan Aturan Standar Kerja

Mengimplementasikan aturan keselamatan kerja dengan cara melengkapi peralatan dan fasilitas yang mensupport keselamatan kerja di dapur seperti pemadam kebakaran dan pintu darurat. Hal semacam ini sudah pasti dilakukan s debagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk keselamatan karyawannya.

Pemeriksaan Peralatan Dapur

Hal yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah mengecek secara rutin implementasi SOP yang mengatur keselamatan kerja di dapur, dan menegur karyawan yang mengabaikan aturan keselamatan kerja, sebab bisa jadi karyawan itu menjadi sumber bencana. 

Baca juga: 5 Tips Menjadi Influencer Berkualitas dan Inspiratif

Memberi Jaminan Asuransi

Jika perusahaan memperkerjaan lebih dari 10 karyawan, maka perusahaan itu harus melindungi semua karyawannya dengan asuransi kesehatan. Bagaimana pun juga tidak semua pekerjaan memiliki risiko masing-masing. Sebenarnya asuransi kesehatan yaitu hak untuk karyawan yang bekerja di area merah. Asuransi kesehatan mempunyai tujuan untuk memberikan rasa nyaman saat bekerja.

Tugas Individu Pekerja

Selain dari sisi perusahaan, pekerja juga memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri untuk menjaga keselamatan kerja di dapur.

Aplikasikan aturan keselamatan kerja itu dalam pekerjaan keseharian Anda. Tanpa perlu diawasi sebenarnya bekerja sesuai standar keselamatan kerja itu telah menjadi kebiasaan yang menempel pada hidup seseorang chef ataupun asistennya.

Memberi usulan yang baik jika fasilitas pendukung keselamatan kerja di rasa belum cukup, sesuai dengan aturan keselamatan kerja.

Teliti dan hati-hati. Orang yang telah lama bekerja dan merasa nyaman dengan pekerjaannya, biasanya selalu lengah. Terjadikan sebuah kecelakaan kerja salah satu faktornya yaitu human error/kesalahan manusia. Sumbernya ya dari kelengahan pekerja itu sendiri. 

Oleh karena itu perlu teliti dan hati –hati saat kerja. Ini semua untuk keselamatan diri sendiri dan semua orang yang bekerja di dapur, jika memerlukan alat keselamatan pekerja dapat mencari alat keselamatan kerja di toko alat safety. Dengan menjaga keselamatan kerja, maka akan menciptakan iklim kerja yang aman pula.

Staff

NFL Dolphins Report adalah portal berita bisnis, teknologi, hiburan dan informasi umum. Kami percaya pada pemberdayaan individualitas. Misi kami adalah menjadi platform global untuk sumber daya informasi penting.

Previous Story

2 Obat Stroke Pengencer Darah dan Efek Samping

Next Story

Promosikan Situs Judi Online, Malang Benar Nasib Selebgram Cantik Ini

Latest from Informasi Umum