Peluang Bisnis Fashion yang Sedang Trend

Merintis sebuah bisnis clothing line adalah sebuah ide bisnis yang sedang tren saat ini. Peluang bisnis fashion ini bahkan dilirik oleh banyak orang, khususnya generasi muda kita yang memiliki jiwa entreprenuershi. Alasan utama mengapa bisnis clothing line ini begitu diminati adalah karena ide bisnis ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Pangsa pasar untuk ide bisnis ini juga terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Clothing line ini hanyalah salah satu dari konsep bisnis jual-beli pakaian online. Clothing line ini lebih kepada penciptaan suatu brand fashion. Artinya, suatu bisnis clothing line ini nantainya hanya berisi produk clothing dengan satu brand fashion saja. Ekslusif. 

Bisnis clothing brand ini biasanya meliputi kegiatan produksi sendiri, penciptaan branding sendiri, kegiatan marketing sendiri, dan kegiatan penjualan produk dengan brand sendiri. Semua kegiatan bisnis ini dikemas dalam satu paket bisnis yang dinamakan clothing line. 

Menciptakan sebuah brand tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Misal salah satunya adalah soal kualitas produk yang nanti akan dihasilkan. Dengan kualitas yang baik, sebanyak apapun pesaing yang ada, bisnis clothing line ini akan terus berjalan. Nah, berikut ada 4 tips penting yang perlu kita perhatikan sebelum merintis sebuah ide bisnis online clothing line. 

Riset Peluang Bisnis Fashion

Riset Peluang Bisnis Fashion
source: networkposting.com

Riset adalah langkah awal untuk memulai sebuah bisnis online. Tanpa riset, kita seolah tidak memiliki persiapan yang matang untuk memulai bisnis yang akan kita rintis. Riset di sini meliputi riset tentang target pasar, analisa marketing, strategi marketing, dan yang paling penting adalah riset tentang tren fashion yang kiranya akan digandrungi oleh calon customer. 

Nah, riset-riset ini tentu harus terkait satu sama lain. Misal riset analisa marketing tentu diperlukan untuk menentukan strategi marketing yang akan diaplikasikan. Dengan demikian, kemungkinan strategi marketing yang telah digunakan akan sesuai dengan analisa marketing. 

Desain yang Khas dan Unik

Peluang-Bisnis-Fashion
source: pinterest

Ciptakan produk clothing line yang khas dan unik agar brand yang kita ciptakan juga berbeda dari brand-brand yang biasa dijual di mall-mall atau store lain. Dengan kata lain, hindari menciptakan sebuah brand dengan produk yang pasaran. Semakin khas dan unik produk yang kita ciptakan, semakin menarik di mata calon customers. Alhasil, potensi  pasarnya semakin besar. Artinya, minat konsumen terhadap produk atau brand kita. 

Lantas bagaimana cara agar kita dapat menciptakan brand dan produk yang unik? Salah satunya adalah dengan rajin mencari referensi-referensi desain fashion items, terutama clothing fashion. Jadikan referensi-referensi sebagai sumber inspirasi kita. Atau, bisa juga kita lakukan riset secara langsung dengan calon konsumen sebagai target pasar kita. Cari tahu kira-kira tren fashion yang mereka inginkan.

Vendor Clothing line yang Berkualitas

Kita juga tak boleh sembarang dalam membilih vendor atau produsen untuk memproduksi produk-produk kita nantinya. Pastikan kita memilih vendor yang tpercaya dan berkualitas agar produk-produk yang dihasilkan juga berkualitas.Ada baiknya memang kita lakukan survey terhadap beberapa vendor yang akan kita ajak kerja sama. 

Baca juga: Fitur Teknologi Telekomunikasi Terbaru di Google Messages

Brand Adalah Image Kita

Brand yang akan kita ciptakan nanti adalah bagian dari image atau identitas kita sebagai owner. Oleh karena itu ciptakan nama brand yang mudah diingat, menjual, dan unik. Menjual di sini artinya adalah memiliki daya jual yang tinggi. Produk yang kita jual ini boleh dibanderol dengan harga yang mahal asal kualitas produk yang kita jual dengan harga tinggi. 

Demikian juga dengan logo dan slogan brand yang kreatif, unik, dan juga mudah diingat. Jangan lupa untuk menyisipkan ide atau konsep yang ingin kita angkat melalui logo dan slogan di brand kita. Hal ini perlu dilakukan sebagai bagian dari promosi atau branding. 

Branding 

Nah, terkait dengan branding atau promosi brand, ada cara lainnya yang bisa kita aplikasikan. Misal dengan melalui endorsement. Hanya saja biaya yang dibutuhkan untuk endorsement ini cukup tinggi. Mengapa? Karena endorsement ini biasanya menggunakan jasa artis atau selebgram sebagai duta brand kita. Biasanya artis atau selebgram ini menggunakan akun media sosial mereka untuk mempromosikan brand atau produk kita. 

Ingin menjadi pebisnis yang sukses? Tentu saja iya. Salah satu kunci utama untuk dapat menjadi pebisnis yang sukses adalah melihat peluang bisnis lalu mengeksekusinya. Manfaatkan ide-ide kreatif kita sebagai salah satu modal kita untuk merintis sebuah bisnis yang kita impikan. Tak usah ragu untuk mengaplikasikan ide-ide kreatif kita.

Demikian tips singkat namun bermanfaat untuk merintis sebuah bisnis online berupa clothing line di peluang bisnis fashion ini. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi Anda yang saat ini membutuhkan inspirasi terkait dengan perintisan bisnis online clothing line.