5 Tips Menjadi Influencer Berkualitas dan Inspiratif

Tips menjadi influencer mungkin sangat di perlukan, karena influencer adalah sebuah cita-cita generasi muda di zaman supermodern sekarang ini. Kamu bisa jadi salah satu orang yang bercita-cita menjadi seorang influencer. Well, sah-sah saja jika kamu berminat menjadi seorang influencer. Memang tidak ada salahnya.

Apalagi kamu berkomitmen untuk selalu memberi inspirasi dan pengaruh yang positif kepada para followers kamu. Tentu hal ini akan berdampak positif untuk para followers kamu. Kamu sendiri juga akan mendapatkan keuntungan yang tak kalah besarnya. Misal popularitas. Kemudian ada juga keuntungan finansial yang bisa kamu jadikan sumber pendapatan yang sangat besar.

Melihat double-benefit semacam ini, banyak orang yang kini obsesif untuk menjadi seorang influencer. Meski tampak mudah, rupanya menjadi seorang influencer tidaklah mudah, tak semudah membalik telapak tangan; tak semudah jepret-jepret lalu pasang foto terbaik di akun medsos; tak semudah pamer OOTD di medsos, tak semudah mukbang makanan-makanan korea, dan tak semudah memposting foto-foto traveling untuk mendapatkan label seorang influencer. Influencer adalah figur yang lebih dari itu. 

Ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui untuk memulai ‘profesi’ atau ide bisnis online yang baru sebagai seorang influencer, atau setidaknya menjadikan diri kamu sebagai figur yang cukup populer dan  memiliki ‘brand’. Penasaran apa saja tipsnya?  Simak ulasannya berikut ini. 

5 Tips Menjadi Influencer Berkualitas dan Inspiratif

5 Tips Menjadi Seorang Influencer Berkualitas dan Inspiratif

Ciptakan Brand Diri Kamu Sendiri

Tips menjadi influencer yang pertama adalah brand. Nah, untuk menciptakan ‘brand’ untuk diri kamu sendiri, pastikan kamu memikirkannya dengan serius dan matang. Brand apa yang kiranya akan pantas melekat pada diri pribadi kamu. Penciptaan brand ini bisa dilakukan dari gambaran image dan kegiatan yang sering kamu ekspos di depan publik. Misal, Tasya Farasya, seorang beauty vlogger yang rutin memposting video-video tutorial makeup di akun YouTube-nya. Jutaan orang telah menjadi followers-nya. Dan lebih dari 90% followers-nya adalah wanita dari berbagai kalangan usia. 

Baca juga: 5 Panduan Untuk Daftar Jadi Tutor Online

Manfaatkan Akun Media Sosial 

Jika kamu memiliki akun-akun media sosial lalu berminat mencoba-coba menjadi seorang influencer, manfaatkan akun-akun yang telah ada. Tak perlu lagi kamu membuat akun-akun media sosial baru. Pertimbangannya adalah karena akun-aku media sosial lama kamu sudah memiliki followers yang tentunya jumlahnya tak sedikit. Jadikan followers lama kamu sebagai ‘modal’ awal kamu menjadi seorang influencer. Jadikan followers lama kamu ini sebagai loyal followers kamu. 

Sebelum menjadikan akun-akun media sosial kamu ini sebagai akun-akun resmi untuk profesi baru kamu, pastikan kamu hapus postingan-postingan foto lama yang sudah tak lagi relevan. Bila perlu, ganti username media sosial kamu dengan username baru yang relevan dengan ide atau konsep influencer yang akan kamu usung. 

Satu poin penting lagi untuk tips menjadi influencer yang wajib kamu perhatikan, yaitu soal bio. Tambahkan bio pada akun-akun media sosial kamu dengan keterangan yang jelas dan informatif serta menarik. Penambahan bio semacam ini tentu akan sangat membantu dalam penciptaan brand kamu. 

Ganti Profil dengan Business Profile

Bagaimana cara mengubahnya? Khusus untuk media sosial Instagram, silahkan buka bagian setting lalu ubah akun Instagram kamu menjadi akun instagram bisnis atau business profile. Tujuannya adalah agar akun Instagram kamu terlihat lebih legit plus sangat membantu kamu untuk melihat data engagement di akun Instagram milik kamu. Dari data ini, kamu bisa melihat info detail para followers kamu, misal jumlah followers, jenis kelamin followers, bahkan hingga timing yang tepat untuk memposting foto atau video baru di akun Instagram kamu. 

Buat Blog atau Website atas Nama Akun Kamu

Mengapa bagian ini penting? Sebenarnya peran dari blog atau website ini hanya sebagai backup saja karena  kita tidak akan pernah tahu kapan akun-akun media sosial dapat bertahan terhadap tren bisnis semacam ini. Dengan memiliki sebuah blog atau website, setidaknya ketika penggunaan media-media sosial sudah mulai meredup, kamu masih memiliki blog atau website untuk meneruskan profesi barumu sebagai seorang influencer. 

Engage dengan Sesama Influencers dan Followers

Nah, untuk terus menjalin komunikasi dengan followers, tak perlu malas untuk membalas komen followers. Tindakan sederhana ini akan berimbas sangat besar terhadap image dan brand kamu sebagai seorang influencer. Tak kalah penting juga untuk terus menjalin hubungan yang baik dengan infuencers lain. Bila perlu, lakukan kolaborasi. Nah, sebagai influencer baru, tak ada salahnya kamu yang memperkenalkan diri kepada mereka, para influencers senior. Atau awalan yang paling mudah untuk menjalin pertemanan dengan sesama influencer misalnya yaitu dengan memberi komentar pada beberapa postingan yang inspiratif.

Sebenarnya masih ada beberapa tips lainnya yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Sebut saja manfaatkan hashtags, bijak dalam memposting konten, atur jadwal posting, optimalkan link, dan sorot brand yang akan kamu bantu promosikan. Bagaimana, tak sabar ingin mencoba beberapa tips menjadi seorang influencer yang berkualitas dan inspiratif?